Kamis, 13 Mei 2010

Melindungi/Mencegah file dari copy paste orang lain

Cara ini “mencegah file kita di copy paste” oleh orang lain adalah agar privasi kita yang berada dalam file tersebut tidak akan bisa di copy oleh sembarangan orang.

Tidak sedikit juga ada bebrapa orang yang memang sengaja mengambil file-file kita tanpa sepengetahuan kita dan menyimpan nya dalam sebuah media penyimpanan seperti flashdisk, CD dll.

Namun ada beberapa cara yang dapat kita terapkan agar orang tidak bisa copy-paste file-file kita ke media penyimpanan seperti flashdisk dsb, tapi file tersebut masih bisa kita copy-paste dalam komputer kita sendiri.

Berikut cara nya:

1. Pilih “Start” Lalu kemudian pilih “Run” dan untuk selanjutnya kita ketikkan “Regedit” lalu tekan ENTER.

2.Di langkah yang kedua ini kita Pilih “HKEY_LOCALMACHINESYSTEMCurrentControlSetControl”.

3. Lalu setelah langkah kedua di atas selanjutnya kita lakukan Klik kanan di posisi “Control” Lalu selanjutnya Klik “New” lalu pilih “Key” lalu untuk selanjutnya kita kasih nama “StorageDevicePolicies” (Gak pake tanda kutip ya), untuk lebih jelas nya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.


4. Selanjutnya pada langkah yang ketiga ini kita Klik kanan di posisi StorageDevicePolicies, lalu selanjutnya kita klik “New” kemudian “DWord Value” dan selanjutnya kita kasih nama dengan “WriteProtect” (yang ini gak pake tanda kutip juga ya).

5. Pada langkah ke empat ini kita klik 2x di “WriteProtect”, lalu selanjutnya kita ubah value nya menjadi bernilai 1.

Selesai, Restart komputer kita lalu silahkan tes hasilnya, dan hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini, kalo ada orang yang ingin copy-paste file kita selain di dalam harddisk maka akan muncul pesan seperti di bawah ini.


Kalo mau ngerubah jadi semula kita bisa mengulangi langkah di atas, dan tinggal kita ganti aja value nya jadi 0, lalu tinggal kita restart lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar