Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 01 Mei 2010

Fakta Aneh Tentang Windows yang Bikin bill gates bingung

1. Coba anda buka Notepad. Kemudian coba ketik "Bush hid the facts" lalu save dan exit. Setelah itu, agan buka kembali file tersebut dan apa yang agan ketik ga muncul.
'Bush hid the facts' : sebenarnya ini berhubungan "generate" notepad sendiri.. (yaitu "ANSI")

Hal yang sama juga terjadi jika kita menuliskan kalimat apa saja dengan pola 4-3-3-5, seperti 'this api can break', 'this cat can split', 'jane can not dance', 'saya ama dia temen' akan mengalami hal serupa dengan yang disebut diatas.

Hal ini terjadi karena sebelum membuka berkas tersebut, Notepad berusaha untuk mendeteksi encoding yang digunakan. Ternyata proses deteksi ini mengalami kesalahan jika berkas yang dimaksud mengandung kalimat dengan pola 4-3-3-5 karakter. Akibatnya berkas yang disimpan dalam encoding ANSI tersebut dibuka dalam encoding UTF-16.

Adanya hal ini sebenarnya membuktikan masih ada celah, yang sukar diperbaiki. Dan dengan statemen seperti ini, kita bisa jadi provokator yang handal untuk menjatuhkan microsoft yang ternyata gagal menyempurnakan program 'sesederhana' notepad. Mantap

Jadi ini jelas sebuah error. Bukan konspirasi seperti kebanyakan pendapat yang beredar...hahaha

Tapi error ini tidak berlaku untuk windows tipe lama... coba lakukan hal serupa di Windows 95

Oh iya hal ini gak berlaku untuk pola 4-3-3-5 menggunakan numerik, misal 1234 123 123 12345 atau 0000 000 000 00000


2. Ga ada seorangpun yang dapat membuat sebuah folder dengan nama "Con" - Coba agan-agan buat di mana saja di hard disk agan, folder dengan nama "Con" (tanpa tanda kutip). Klik saja di sembarang tempat sub-menu new folder. Kemudian coba agan namain folder tersebut dengan nama "Con". Agan akan menyadari bahwa folder tersebut tidak akan bernama "Con", melainkan "New Folder".
Keanehan ini pertama kali ditemukan sama orang India, dia menemukan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat membuat FOLDER di komputer dengan program Microsoft manapun dengan judul folder "CON". Ini merupakan hal nyata dan seluruh kru Microsoft sendiri tidak dapat menjawabnya kenapa hal ini bisa terjadi. Cobalah dengan membuat sebuah folder dengan nama CON atau con.


Bukalah My Document -> File -> New -> Folder -> ketik CON atau Con atau con


Apa yang terjadi?


Sebenarnya kru Microsoft bisa menjelaskan hal ini. Karena hal ini berhubungan dengan system numerik jaman dulu (DOS system). Cobalah nama berikut:

* PRN

* AUX

* NUL

* LPT1

* COM1

* Potential drive letter, seperti A: sampai Z:

* Coba cari hal lainnya yang berhubungan dengan system numerik-nya DOS


Jelas, kalo DOS merupakan sistem operasi dasar dari WINDOWS, sehingga sistem secara default menghindari penamaan dengan menggunakan kata-kata diatas, hal ini juga berlaku bukan hanya untuk folder, tetapi juga untuk penamaan file, coba jajal rename file (misal) contoh.doc menjadi PRN atau prn, kemudian enter. Hal serupa pun pasti akan terjadi.


Karena ini cuma berlaku buat OS turunan DOS, jadi ke OS selain itu (seperti hal nya LINUX) hal tersebut tidak akan berlaku.


3. Ketik di MS Word: "=rand(200,99)" (tanpa tanda kutip) dan saksikan keajaiban.
Hal yang menarik ini, sungguh aneh. Bahkan Bill Gates sendiri tidak menemukan jawabannya kenapa ini bisa terjadi. Hal ini malah ditemukan oleh orang Brazil. Boleh dicoba,


* )Buka program Microsoft Word dan ketik: =rand (200, 99)

**) kemudian anda ENTER

Apa yang temen-temen temukan? Menarik bukan? Silahkan di coba.


Sebenarnya ini system default, dan memang salah satu fungsi yang ada pada word, kegunaannya adalah untuk membuat sample text dengan cepat (seperti "lorem ipsum" seperti yang digunakan oleh penggiat web), lihat contoh dibawah :


=rand(1) -> memasukkan lima kalimat dalam satu paragraf

=rand(1,1) -> memasukkan satu kalimat dalam satu paragraf

=rand(1,2) -> memasukkan dua kalimat dalam satu paragraf

=rand(2) -> memasukkan lima kalimat dalam dua paragraf

=rand(2,1) -> memasukkan satu kalimat dalam dua paragraf

=rand(10) -> memasukkan lima kalimat dalam sepuluh paragraf

=rand(10,1) -> memasukkan satu kalimat dalam sepuluh paragraf

=rand(10,10) -> memasukkan sepuluh kalimat dalam sepuluh paragraf


Untuk ngeliat patokan sebuah paragraf dengan tanda (¶) dalam sebuah dokumen Word, lakukan salah satu langkah dibawah:

-di Standard toolbar, klik Show/Hide (¶).

-di menu Tools, klik Options. Kemudian klik tab View, klik di check box "All" di bagian Formatting Marks, dan kemudian klik OK


Sedangkan untuk "si rubah malas" (The quick brown fox jumps over the lazy dog) itu untuk menguji font. kalau biasa mendesign di corel atawa yang sejenisnya pasti tahu deh. Atau coba lihat di Control Panel -> Fonts, trus coba double klik salah satu file font (.ttf) yang ada disitu. Sama bukan ???

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar