Rabu, 19 Mei 2010

Berapa Core sebenarnya yang kita perlukan?

Sedang berencana membeli sebuah komputer atau Laptop? Atau anda ingin mengupgrade komputer tua anda dan sedang bingung memilih dual atau quad core? Secara teori, prosesor dengan empat core akan lebih cepat dua kali dibandingkan dengan yang dua core. Tapi… kondisi seperti ini baru bisa terbukti bila keempat core tersebut dapat bekerja bersama-sama secara simultan.

Seperti kita ketahui software-software yang ada dan banyak beredar sekarang, kebanyakan didesain untuk single core prosesor dan itu artinya anda baru akan mendapatkan keuntungan dari quad atau dual core ketika menjalankan komputer dengan multitasking, dan menjalankan program-program “berat” dengan parallel processing.

Sebagai contoh ketika anda melakukan proses video encoding dan editing, atau anda sering mengedit photo berukuran besar di Adobe Photoshop atau juga bagi anda pencinta game-game keluaran terbaru seperti GTA IV, Far Cry 2, NBA Live 2008, tentu komputer dengan core yang lebih banyak akan lebih baik, dan quad core adalah pilihan bijak yang mesti anda pertimbangkan

Tapi bila kegiatan berkomputer anda hanya biasa-biasa saja seperti cuman untuk mengetik laporan, dengerin musik, nonton film atau hanya maen gamehouse, maka dual core komputer telah cukup untuk memenuhi kebutuhan. Selain lebih dingin dan tentunya juga lebih murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar