Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 19 Mei 2010

Apa Arti .COM (dotcom) yang sebenarnya?

Anda sering berselancar di dunia maya? Jawabannya tentu saja “Ya”, karena kegiatan berselancar itulah maka anda bisa bertemu dengan tasikisme.com, sebuah blog dimana anda bisa memperoleh informasi tentang berbagai hal mulai dari tentang komputer sampai kepada lifestyle dan life story.

Saat anda berselancar tentu anda sudah tak asing lagi dengan akhiran .COM [dotcom], karena pada umumnya setiap website, situs, blog ataupun social networking yang anda kunjungi selalu berakhiran dengan .COM seperti facebook.com, friendster.com, google.com, yahoo.com sampai kepada tasikisme.com.

Lalu apa sebenarnya arti dari .COM [dotcom] ini? Yang pasti COM bukanlah kependekan dari COMputer seperti yang sebagian orang kira, dan juga bukan kependekan dari COMmunication seperti yang banyak orang duga. Juga COM bukanlah kependekan dari COMmon yang seringkali sebagian orang artikan. COM yang sebenarnya merupakan kependekan dari COMmercial. Dan .COM ini merupakan salah satu dari sekian banyak “Top Level Domain” yang ada saat ini.

Ketika World Wide Web (WWW) pertama kali diluncurkan sekira tahun 1989,.COM digunakan untuk membantu mendistribusikan website-website pada saat itu. Pada awalnya.COM memang diperuntukan bagi para Publisher atau pengusaha yang ingin mencari keuntungan lewat internet lewat konten-konten maupun produk-produk yang ditawarkan di websitenya.

Namun seiring perkembangan zaman, saat ini siapa saja, siapapun orangnya, baik itu pengusaha atau orang biasa, bisa memiliki .COM. dan .COM tidaklah memiliki arti khusus dan bukanlah merupakan license atas sebuah bisnis di internet. Secara teknis .COM tidak memiliki perbedaan dengan TLD lainnya seperti .Net, .Org, ataupun .info

Sebagai tambahan selain .COM TLD lain yang terkenal adalah .NET yang merupakan kependekan dari “Network and Computer”, .ORG sebagai kependekan dari “ORGanization” dan pada dasarnya diperuntukan bagi Organisasi non profit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar