Sabtu, 24 April 2010

Windows 7, Mengetahui Daya Tahan Batere Laptop

Salah satu faktor penting bagi kinerja notebook adalah daya tahan baterainya. Bagaimana cara mengetahui efisiensi penggunanan tenaga notebook tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan atau 3rd party software?

TipS Jika Anda mengamati trend notebook saat ini, daya tahan baterai yang ditawarkan sudah sangat baik dibanding notebook tahun-tahun sebelumnya. Jika Anda adalah pengguna notebook dan ingin­ mendapatkan laporan mengenai konsumsi daya, Windows 7 dapat melakukannya. Berbekal laporan ini, Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas seputar efisiensi penggunaan daya listrik pada notebook.

Untuk mendapatkan laporan ini, jalankan Command Prompt dan berlakulah sebagai administrator. Caranya, ketik ‘cmd’ di kolom Search program and files dan klik kanan icon-nya lalu pilih “Run as administrator”.

Melalui window Command Prompt, ketik ‘powercfg -energy’ lalu tekan [ENTER]. Selanjutnya, Windows 7 akan memindai sistem Anda dan mencari peluang untuk meningkatkan efisiensi daya. Tunggu beberapa saat, lalu tools ini akan menghasilkan sebuah file laporan berbentuk HTML. File ini ini bia­sanya ditempatkan pada folder Windows\System32. Untuk membuka file tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi browser yang terpasang PC.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar